Friday, August 24, 2012

Memulai Ternak Kroto Bagian 1

Memulai Ternak Kroto
Hallo sobat sekalian..Apa kabar..? Tentunya baik kan...??

Sekian lama tidak posting di blog maklum masih mencari sumber penghasilan lain yakni Persiapan Ternak Mentok / Entok / (muscovy duck) = Bebek Manila.
Baiklah sobatku sekalian masih di suasana lebaran...saya mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI  bagi yang merayakannya.Mohon Ma'af Lahir Dan Bathin.
Langsung saja ..Pada postingan kali ini sengaja saya membuat judul Memulai Ternak Kroto
Saya akan pelan-pelan menggiring anda sekalian yang memang punya keinginan kuat mencari tambahan penghasilan dari beternak kroto.Dari mulai awal persiapan, sampai panen akan kita kupas tuntas di blog sederhana ini.

Memulai Ternak Kroto antara lain yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut :

Siapkan Mental ( Baca : Mindset Peternak Kroto Handal )Persiapan mental yang paling utama karena akan mempengaruhi proses beternak kroto berkenaan dengan berhasil tidaknya kelak kemudian hari.

Secara garis besar setelah mental / pola pikir tercipta adalah mulai lakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Persiapan Tempat / Kandang Ternak-Tangkar
  2. Siapkan Alat-alat 
  3. Berburu Semut Rang-rang
  4. Karantina
  5. Pemindahan Ke Kandang Tangkar
  6. Pemeliharaan
  7. Nikmati Hasil
Pada point 2,3 bagi anda yang mempunyai rejeki lebih dan tidak mau di repotkan dengan proses perburuan juga karantina bisa langsung beli Sarang dan Indukan Kroto. Saya lihat teman- teman peternak kroto senior banyak yang jual. ( Harga dan lain-lain tergantung masing-masing pribadi melihatnya, karena berurusan dengan tingkat kepuasan pelayanan ) Meski kami dari LASKAR KROTO juga menjual Sarang / Indukan tapi tingkat kepuasan anda yang paling utama. Silahkan mencari yang pelayanannya terbaik dari yang baik.

Di lanjut ya......!!!
Mari kita bedah satu demi satu point-poin Memulai Ternak Kroto

  • PERSIAPAN TEMPAT
 Mempersiapkan tempat untuk beternak kroto / menangkarkan semut rangrang sebenarnya tidak begitu sulit, tapi perlu di ingat,, ada hal-hal yang perlu anda hindari. Hal-hal apa saja sih...yang perlu di hindari :
  1. Jangan terkena sinar matahari secara terus menerus/ kontak langsung ( Dalam hal ini butuh atap kalau di pekarangan rumah )
  2. Usahakan tempatnya teduh, bersih dan media tidak bersentuhan langsung dengan perabot yang lain di sekitarnya. (Sirkulasi udara mohon di perhatikan )
  3. Usahakan rak / tempat media ternak - tangkar lebih dari satu. ( Jangan satu rak di pakai untuk banyak koloni yang pengambilannya berbeda tempat = Untuk meminimalisir berantem sesama semut )
  4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak
  5. Tempat ternak - tangkar bukan area lalu lintas penghuni rumah ( Dekat kamar mandi, dapur dan lain-lain)
  6. Bersihkan tempat dari semut merah kecil - kecil atau serangga pengganggu yang lain ( Akan kita bahas lebih mendalam nantinya )
  7. Jangan di lakukan satu toples satu nampan untuk mengisolir semut ( agar berhemat... gunakan rak dengan kaki utama saja yang di kasih nampan/kaleng bekas susu / wadah serupa )
  8. Kalau anda ada modal alangkah lebih baik buat rak model lemari yang bersaf / bertingkat seukuran toples/ wadah yang anda pakai jarak tingkat satu dengan tingkat yang lain . Yang lebih utama ada tutup seperti lemari. Jadi anda bisa memberi suasana gelap dan terang pada laskar kroto anda. Kenapa harus ada suasana terang dan gelap ? Terindikasi semut rangrang dalam perkembangbiakan suka tempat gelap ( kurang cahaya untuk sembunyikan kroto ), di samping juga insting alami untuk berlindung.
Demikian beberapa hal untuk mempersiapkan tempat / kandang tangkar. Pada postingan selanjutnya mari kita bahas rak sebagi tempat mengisolir laskar kroto agar tidak berhamburan atau kelayapan kemana mana.

Semoga Bermanfaat









    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : Memulai Ternak Kroto Bagian 1

    0 comments:

    Post a Comment