Wednesday, September 12, 2012

Modal Awal Ternak Kroto

Modal Awal Ternak Kroto

Apa kabar rekan-rekan...?? Kabar baik bukan. Semoga demikian adanya. Amin.
Malam ini saya sengaja menulis analisa  Modal Awal Ternak Kroto. 
Berapa sih..dana yang harus di siapkan..??? Dan untuk apa saja dana itu di belanjakan.??

Langsung saja mari kita hitung-hitungan matematika secara bijaksana. 

Sebenarnya dana yang di butuhkan calon peternak semut rangrang penghasil kroto itu RELATIF.

Kok relatif....???. Apa maksudnya relatif ...?? Maksudnya tiap pribadi berbeda jumlah dana yang di butuhkan untuk persiapan awal. Ada yang butuh biaya agak banyak ada juga yang standar pun pula ada yang gratis

Kalau boleh saya golongkan ada 3 (tiga ) kelompok peternak kroto antara lain :

  1. Peternak Kroto Biasa
  2. Peternak Kroto Standar
  3. Peternak Kroto Mewah
  • PETERNAK KROTO BIASA
Siapa yang saya maksud peternak kroto biasa, tidak lain dan tidak bukan Peternak kroto yang memanfaatkan barang- bekas eks. peralatan rumah tangga. Kalaupun harus beli mungkin mencari peralatan hanya di pengepul barang rongsokan. Yang semula toples di ganti botol air mineral atau bambu. Begitu pula di sisi bibit semua di upayakan sendiri dengan mencari langsung di alam.Contohnya saya sendiri.

  • PETERNAK KROTO  STANDAR
Kelompok kedua yakni peternak kroto standar. Siapakah dia? Peternak kroto standar adalah peternak kroto yang sebagian peralatan serta media ternak di beli langsung di toko / tempat pembuatan ( Rak = Pesan di Tukang Kayu ). Dan untuk bibit sebagian mencari sendiri di alam bebas sebagian lagi membeli kepada Penjual Bibit Kroto.

  •  PETERNAK KROTO  MEWAH
Pada kelompok peternak kroto mewah semua peralatan serta media di beli langsung di toko dan bukan barang-barang kelas teri. Rak mungkin dari besi plat. Untuk mengatur suhu ruangan di pasang AC. Mempekerjakan beberapa karyawan untuk operasional kesehariannya. Semua Bibit di beli langsung ke  Penjual Bibit Kroto. Adanya manajemen target capaian gabungan beternak. Biasanya selain beternak kroto kelompok ini juga beternak burung kicauan yang berharga super mahal. Beternak ulat kandang / ulat hongkong.

Dari ketiga kelompok ini mana yang bagus. Kalau ada pertanyaan seperti ini saya tidak dapat menjawab karena kita harus melihat dari kaca mata berbeda kebutuhan masing-masing kelompok. Dan berbanding lurus dengan dana yang ada pada tiap-tiap pribadi.

Kenapa saya mengkelompokkan peternak kroto menjadi 3 ( Tiga ) bagian. Tidak ada maksud saya membuat kasta dalam beternak kroto ini, cuma memberi gambaran meski hanya di pakai untuk referensi. Hal ini saya lakukan biar dalam beternak tidak asal-asalan. Karena dari awal sudah sedikit banyak tahu berapa modal yang harus anda keluarkan. Terus target capaian kedepan apa ? Hanya sekedar tambahan penghasilah. Atau menjadi sumber penghasilan utama, ataukah untuk support penghasilan utama ( Kelompok mewah yang target capaian penghasilahan dari jual burung kicauan berharga super mahal pakan di suppot dari beternak kroto sendiri untuk menekan biaya beli pakan )

Wah jadi ngelantur kemana mana. awalnya saya cuma mau mengklasifikasi  Modal Awal Ternak Kroto
Tidak tahunya setelah saya fikir tidak sama kebutuhan kita antara teman yang satu dengan teman yang lain, dalam menyiapkan modal awal ternak kroto.

Kalau begitu sampai jumpa di postingan mendatang yang masih membahas  Modal Awal Ternak Kroto tapi yang kita bahas modal awal kelompok peternak kroto standar saja.

Salam Sukses





Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Modal Awal Ternak Kroto

0 comments:

Post a Comment