Monday, July 14, 2014

Semut Rangrang Predator Alami Tanaman Buah yang Menguntungkan

Semut Rangrang Predator Alami Tanaman Buah yang Menguntungkan - Awalnya semut rangrang diketahui sebagai serangga ganas yang mengganggu warga saat berkebun di pekarangan mereka, namun pada akhirnya para petani menyadari bahwa sebenarnya semut rangrang juga mendatangkan manfaat buat mereka. Hal ini diketahui oleh orang China sejak dua ribu tahun yang lalu. Tanpa mereka sadari bahwa perkebunan jeruk mereka telah terlindungi dari serangan hama dan penyakit oleh para semut rangrang.

Dalam istilah ilmu pertanian disebut predator alami, yaitu pemangsa hama tanaman yang datang dari alam bukan buatan manusia. Semut rangrang diklaim sebagai predator alami dalam melindungi tanaman jeruk orang China.

Di Negara Ghana semut rangrang Afrika (Oecophylla longinoda) juga telah digunakan sebagai pengendali hama tanaman cokelat. Semut rangrang mampu mengurangi dua macam penyakit yang disebabkan oleh virus dan jamur, yaitu dengan jalan menyerang dan membunuh kutu daun yang menjadi penyebar penyakit ini. Kutu daun sangat merugikan, karena menghisap cairan tanaman sekaligus memakan jaringannya. Cara pengendalian hama seperti ini kita kenal sebagai “biological control” dan ini merupakan contoh tertua dalam sejarah pertanian.

Semut Rangrang Predator Alami Tanaman Buah yang Menguntungkan

Biokontrol dan Bioindikator penggunaan semut rangrang sebagai biokontrol ternyata sudah dilakukan pula oleh sebagian penduduk Indonesia, meskipun tidak besar-besaran. Misalnya jika pohon jambu atau pohon mangga di pekarangan terserang hama, mereka akan memindahkan semut-semut rangrang ke pohon tersebut.

Manfaat semut rangrang sebagai predator alami berkembang ke beberapa negara, misalnya di Delta Mekong Vietnam para petani memiliki pengalaman tentang peran semut rangrang dalam menjaga dan meningkatkan mutu hasil panen buah-buahan dari pekarangan mereka. Efek positifnya bahwa, buah yang dihasilkan lebih segar dan penampilannya lebih menarik. Hal ini sebagai akibat dari kerja semut rangrang yang memakan berbagai jenis hama tanaman buah seperti hama ulat daun, kepik hijau, lalat buah, dan serangga pemakan buah lainnya.

Bagaimana bisa semut rangrang mengendalikan hama tanaman buah? Tidak mustahil, hewan kecil ini dapat mengendalikan hama tanaman buah, misalnya jeruk, mangga, tanaman Eucalyptus, dan tanaman keras lainnya karena populasi dari habitat dan koloni mereka yang sangat tinggi hingga ribuan bahkan puluhan ribu jumlahnya.

Itulah sebabnya semut rangrang berfungsi sebagai predator alami tanaman buah yang sangat ampuh. Demikian Semut Rangrang Predator Alami Tanaman Buah yang Menguntungkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Semut Rangrang Predator Alami Tanaman Buah yang Menguntungkan

0 comments:

Post a Comment