Monday, January 21, 2019

Cara Budidaya Kroto Rumahan Dengan Media Toples

Cara Budidaya Kroto Rumahan Dengan Media Toples
Cara Budidaya Kroto Rumahan Dengan Media Toples - Semut Rangrang atau kerangga (Oecophylla) adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya. Dalam bahasa Inggris ia disebut weaver ant atau "semut penganyam". Rangrang sebagaimana banyak semut lain adalah serangga sosial dan membentuk koloni. Koloni rangrang dapat sangat tinggi populasinya. Jenis pertama adalah rangrang asia (O. smaragdina) yang tersebar luas dari Pakistan sampai Australia bagian utara dan rangrang afrika (O. longinoda) yang menghuni kawasan tropis di Afrika. Serangga ini bersifat teritorial (menjaga tempat hidupnya) dan bertemperamen "galak". Rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Karena perilaku ini, banyak pemilik pohon buah di Asia Tenggara memanfaatkannya untuk menjaga buah yang mulai ranum. Selain sebagai penjaga, rangrang dimanfaatkan manusia sebagai sumber pakan burung berkicau peliharaan. Larvanya dikenal sebagai kroto dan disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto merupakan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan petani.

Jenis dan Cara mendapatkan bibit kroto

1.Bibit dari Alam
Sebelum anda melakukan pencarian sebaiknya anda menyiapkan beberapa peralatan seperti sabit, pisau,atau gunting taman untuk memotong ranting sarang,karung ,kandi atau wadah plastik untuk menampung sementara sarang yang telah kita dpatkan.Karung harus disediakan lebih dari satu apanila anda mendapatkan sarang yang lebih anda juga dapat mengambilnya mengapa bisa begitu ?karena semut rangrang yang berbeda koloni,beda pohon,mereka akan saling serang sehingga dapat merusak semut bahkan dapat menimbulkan kematian.

Setelah sarang didapatkan dari alam sarang semut rangrang untuk dibersihkan dan semut rangrang,ratu semut,serta kroto dikeluarkan dari sarang.Semut rangrang dikeluarkan dari sarangya berikut dengan krotonya dengan cara membuang satu persatu daun yang menjadi sarangya .Setelah semut dan kroto bersih dari daun dan ranting basah ,semut dan kroto dimasukkan kedalam sarang buatan yang sudah disiapkan sebelumya.

Kita sudah berada disarang buatan kemudian sarang ditutup rapat 2 hingga 3 jam agar semut beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.Setelah sampai 2 atau 3 jam kemudian tutp lubang sarang dibuka,agar semut mendapatkan udara segar.

2.Bibit dari Peternak
Mendapatkan bibit semut rangrang dari peternak memang kita sangat praktis,kita hanya mengeluarkan beberapa ribu rupiah ja sudah mendapatkan ratu semut,beda sama dialam kita harus bersusah payah mencari kemana-mana.Yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan rak serta sarang untuk tempat budidayanya saja.Dengan membeli bibit dari peternak lain ,anda tidak ikut merusak habitat aslinya dialam,memang cara kedua ini dapat menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

Selain itu bibit yang didapatkan dari peternak lebih mudah beradaptasi dengan sarang buatan. Hal ini karena bibit-bibit tersebut dihasilkan dari budidaya menggunakan media sarang buatan.Bibit tidak pula melakukan pemberontakan seperti anda kalu mendapatkan bibit dari alam.Sekarang beli bibit dari peternak memang cukup mudah.

Budidaya Kroto Media Botol Air Mineral


  • Lokasi yang cocok untuk kandang semut rangrang adalah berada daerah yang memiliki suhu relatif rendah dengan kelembaban tinggi. Jangan membuat kandang di lokasi yang kering dan panas misalnya di pinggir jalan yang tanpa ada pepohonan.
  • Lokasi budidaya kroto harus sejuk tidak terkena matahari langsung
  • Lokasi yang paling bagus untuk budidaya semut angkrang adalah dikebun yang banyak pohon rindang sehingga tidak  terpapar sinar matahari langsung. Karena kalau kandang semut rangrang penghasil kroto ini terkena sinar matahari langsung, dalam kandang akan kering yang membuat semut stress dan banyak yang mati.
  • Lebih bagus lagi kalau dibawah kandang dibuat kolam ikan, sehingga suasana didalam kandang kroto akan sejuk dan semut tidak dapat lari keluar, dan apabila semut mati akan dimakan oleh ikan. Dengan membuat kandang diatas kolam ikan, kita akan mendapat dua manfaat sekaligus yaitu mendapat penghasilan dari kolam ikan dan kroto yang dipanen.
  • Lokasi kandang semut rangrang harus jauh dari predator
  • Lokasi kandang kroto harus ditempat yang hening dan agak gelap


Semut rangrang memiliki sifat hidup yang nomaden, senang berpindah-pindah tempat, jika lokasi dirasa tidak nyaman semut ini akan berpindah lokasi mencari lingkungan yang menurut semut angkrang pas baginya. Sehinga diusahakan lokasi semut rangrang harus tenang, sunyi tidak berisik, dengan pencahayaan yang agak gelap dan lembab.

Syarat hidup semut rangrang apabila diukur secara teknis


  • Kondisi kandang atau bedeng semut rangrang dapat dirangkum sebagai berikut:
  • Tingkat kelembaban atau humidity 70%;
  • Intensitas cahaya 70% redup;
  • Suhu optimal antara 27 sd 32 %;
  • Sirkulasi udara yang baik;

Cara Budidaya Kroto Menggunakan toples

Bahan yang di butuhkan  untuk  1 buah toples budidaya kroto toples adalah :

  • 1 buah Toples 10 Lt dengan harga Rp 13.000
  • 1 buah Nampan plastik diameter agak besar, dengan harga Rp 7.000

Cara membuat media toples untuk budidaya kroto


  • Lubangi bagian bawah toples dengan diameter 7 cm. cukup 1 lubang. Kemudian letakan nampan plastik dengan posisis datar, isi air hingga hampir 1/2 bagian nampan. Lalu taruh batu bata ditengah nampan sebagai media meletakan toples.
  • Lubang toples yang telah dibuat kita tutup menggunaka lakban untuk mencegah lari semut setelah kita pindah semut rangrang dari sarang sebelumnya ketoples yang telah kita sediakan tutup rapat dengan tutupnya ( disini kita siapsiap untuk diserang dan digigit oleh semut rangrang karena mereka pasti merasa terancam)
  • Letakan toples ke media rantang / batu bata dengan posisi tutup pada bagian bawah setelah posisi baik dan benar buka lakban yang tadi menempel . maka segeralah para semut tersebut akan berlarian lewat lubang itu. bila kita membeli bibit dari penjual yang sudah bermedia toples maka kita tinggal memposisikan terbalik kemudian membuka lakbannya lebih aman dan praktis sebagai media pakan kita bisa menggunakan potongan gelas air mineral atau tempat pakan burung ukuran kecil, tempat minum bisa dari tutup botol air mineral, sebagai pakan awal bisa kita beri ulat hongkong, minum dengan air gula agak kental.

Pakan semut rangrang
Hampir semua jenis serangga dapat digunakan untuk pakan semut. Walaupun demikian, jenis jangkrik atau ulat hongkong adalah yang paling disukai oleh semut rangrang. Selain jenis itu, jenis makanan hasil olahan semacam sisa daging yang masih menempel pada tulang juga disukai semut rangrang. Semut angkrang juga menyukai larva seperti tawon dan semacamnya.

Ulang Hongkong
Ulat hongkong mempunyai kandungan protein yang tinggi. Semut rangrang menyukai ulat ini. Biasanya semut rangrang akan memboyong beberapa ulat tersebut ke dalam sarang untuk kemudian dimakanya. Harga ulat hongkong 1 ons sekitar Rp 5 ribu rupiah cuku untuk 30 toples selama sekitar 7 hari.

Ulat Pisang
Protein yang terdapat di dalam ulat pisang sangat baik untuk perkembangan rangrang. Di alam liar semut rangrang juga memakan ulat jenis ini, apabila sarangnya berdekatan dengan pohon pisang.

Jangkrik
Jangkrik termasuk makanan favoriut semut rangnrang. Namun, serangga jenis ini memiliki banyak kaki, sehingga untuk dijadikan oakan, kaki-kaki harus dipatahkan terlebih dahulu agar jangkrik tidak meloncat.

Belalang
Seperti dengan jangkrik, belalalng di alam liar juga di incar oleh semut rangrang sebagai mangsa. Namun, untuk pakan kaki-kaki dan sayap harus dilepas agar tidak terbang

Cacing Tanah
Untuk pakan selingan, cacaing pub bisa menjadi alternatif yang baik. Di alam liar cacing juga menjadi santapan semut rangarang

Cicak
Selain cacing, pakan alternatif selingan yang lainya adalah cicak. Sebaiknya tidak memberi cicak yang masih hidup karena pasti akan lari.

Cara Memanen Kroto Dengan Media Toples

Setelah anda merawat kroto kurang lebih empat sampai enam bulan,maka saat inilah yang dinanti-nanti yaitu memanen kroto.Cara panen ini digunakan pada pembudidaya yang menggunakan toples.Khususya para pemula saat panen adalah saat yang menegangkan anda harus berhadapan dengan semut rangrang yang sangat agresif mereka siap menyerang anda dengan gigitannya .Setelah toples tempt anda membudidayakan kroto sudah banyak kroto,saat itulah anda harus segera memanennya.Karena kalau tidak segera dipanen maka kroto akan segera berubah menjadi semut rangrang muda.Pada panen pertama mungkin anda jangan terlalu banyak berharap hasil yang terpenting anda berproses dalam memahami perilaku semut rangrang ini.

Kali ini saya akan memberikan tehnik memanen kroto dengan baik dan benar.
Sebelum memanen kroto anda harus menyiapkan alat-alat dulu agar dalam memanen bisa cepat dan tepat serta bisa mengurangi resiko digigit semut rangrang.Apa saja yang harus dipersiapkan? Dibawah ini alat-alat yang diperlukan untuk memanen kroto :

  • Sarung tangan yang terbuat dari karet
  • Tepung
  • Ember besar
  • Lidi daun kelapa

Sarung tangan karet berguna agar kulit anda tidak tergigit secara langsung oleh semut rangrang.Sarung tangan untuk melindungi tangan dari serangan semut rangrang yang membabi buta.
Tepung digunakan untuk melumuri sarung tangan dan dinding ember.Sarug tangan yang dilumuri tepung akan licin bagi semut rangrang.Semut rangrang tidak mampu berjalan pada media yang ada tepungya demikian pada embr semut rangrang tidak bisa lari dari ember ketika ember sudah dilumuri dengan tepung

Sebaiknya anda menyediakan 2 ember.Ember yang pertama sebagai tempat membongkar toples sedangkan yang ember yang kedua  untuk menaruh panen kroto.Ember yang anda gunakan sebaiknya dari bahan plastik bukan dari bahan karet

Lidi dari daun kelapa berfungsi untuk merobek jaring-jaring putih disarang semut rangrang.Jangan menggunakan tangan anda karena tangan anda yang sudah mengenakan sarung tangan yang sudah dilumuri tepung.Jika anda menggunakan tangan anda yang sudah mengenakan sarung tangan bertepung ,maka tepung akan menempel pada jaring-jaring tersebut.Akibatya semut rangrang akan dapat merayap dan mencapai anggota tubuh  anda yang lain.

Urutan dalam Memanen Kroto

Setelah semuanya siap maka langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagi berikut ini :
1.Pastikan tutup toples posisinya berada di bawah
2.Robek jaring-jaring putih yang ada didalam toples dengan menggunakan lidi untuk memudahkan rontokya kroto
3.Biarkan toples masih dalam keadaan tertutup
4.Tutup lubang jalur keluar masukya semut rangrang
5.Ambil toples yang akan dipanen krotonya dan ditaruh diember
6.Posisikan tutup toples tetap berada dibawah
7.Tepuk-tepuk toples bagian atas agar kroto rontok ditutup toples
8.Buka toples dan segera pindahkan kroto ke ember yang telah dipersiapkan
9.Dan selamat panen pun sudah berhasil anda laksanakan dengan baik dan benar
Setelah semuanya dilakukan tempatkan kroto ditempat yang teduh agar tetap hidup sebelum dijual kepengepul atau langsung ketoko pakan burung.Jnagka waktu panen pertama bisa dilakukan pada satu bulan berikutya.Jika semut rangrang sudah produktif atau anda memiliki banyak sekali sarang buatan,maka panen bisa dilakukan seminggu sekali.Oleh sebab itu maka disarankan anda memiliki banyak toples yang dihuni koloni yang berbeda-beda.Kemungkinan besar anda bisa memanen kroto Dalam seminggu sekali bahakan sampai 3 kali dalam seminggu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Budidaya Kroto Rumahan Dengan Media Toples

0 comments:

Post a Comment